Senin, 29 Februari 2016

cara mendaftar perguruan tinggi negeri


setelah kita menentukan dimana kita mendaftar perguruan tinggi yang tepat, kali ini penulis akan mencoba nge share cara daftar di perguruan tinggi negeri. pada artikel kali ini, dijelaskan hanya mendaftar ke perguruan tinggi negeri, karena pada perguruan tinggi swasta biasanya memiliki tata cara pendaftaran sendiri dan berbeda tiap kampus nya. waktu pendaftaran di perguruan tinggi swasta juga tidak serempak, perguruan tinggi negeri pendaftarannya serempak dan dimonitoring oleh pemerintah pusat tetapi syarat dan ketentuan khusus ada pada tiap universitas (berbeda tiap universitas). berikut tata caranya :

  1. yang pertama, setelah kalian putuskan dimana kalian akan kuliah dan mengambil jurusan apa, hal selanjutnya yang kalian butuhkan adalah mengetahui kapan, dimana, bagaimana dan apa saja tentang pendaftaran mahasiswa baru.
  2. kedua, sebelumnya untuk informasi saja, bahwa pendaftaran di perguruan tinggi negeri terbagi atas SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri.
  3. nah, untuk SNMPTN ini pendaftarannya online, menggunakan nilai rapot, berkas dikirim secara softfile dan tanpa adanya tes tulis, untuk jalur SNMPTN ini ada berbagai : jalur prestasi, jalur beasiswa bidikmisi, dan jalur regular. setelah mengirim berkas, maka akan diseleksi kemudian diumumkan jadwal hasilnya.
  4. kemudian SBMPTN, jalur ini menggunakan tes tulis, dan terbagi lagi untuk beberapa jalur : jalur prestasi, beasiswa bidikmisi dan jalur regular, semua jalur tersebut di laksanakan setelah SNMPTN selesai dan semua dilakukan dengan tes tulis, untuk beberapa jurusan seperti ilmu keolahragaan dan sastra terdapat tes praktik.
  5. kemudian untu jalur mandiri dilakukan setelah SNMPTN dan SBMPTN dilaksanakan. jalur ini bisa dikatakan jalur orang yang tergolong ekonomi atas. karena pembayaran kuliahnya lebih mahal dari dua jalur sebelumnya. mandiri dilaksanakan tiap universitas, syarat dan ketentuan tergantung tiap universitas, tes tulis kemudian ada lagi tes wawancara.

         gambar diatas adalah jadwal pendaftaran mahasiswa baru untuk jalur SNMPTN, dikutip dari um.ac.id atau kalian untuk lengkapnya bisa kunjungi web dari universitas negeri Malang um.ac.id pilih kategori pendaftaran penerimaan mahasiswa baru.
         untuk catatan saja setiap jalur di atas akan berpengaruh pada berapa besar pembayaran uang kuliah tiap semesternya, untuk yang beasiswa bidik misi uang semester dll tidak dipungut alias gratis, tinggal menyediakan uang untuk kelangsungan hidup selama kuliah. yang jalur prestasi diutama untuk siswa yang pernah meraih penghargaan/kejuaraan dibuktikan dengan foto copi sertifikat. semakin banyak sertifikat akan semakin membantu mempermudah masuk universitas.
        sekian, semoga tautan diatas bermanfaat bagi yang memerlukan. terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar